Npm : 11210441
Kelas : 3EA15
Perilaku Konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jas demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan dengan pertimbangan yang matang.
Pemahaman
akan perilaku konsumen dapat diaplikasikan dalam beberapa hal, yang
pertama adalah untuk merancang sebuah strategi pemasaran yang baik,
misalnya menentukan kapan saat yang tepat perusahaan memberikan
diskon untuk menarik pembeli. Kedua, perilaku konsumen dapat membantu
pembuat keputusan membuat kebijakan publik. Misalnya dengan mengetahui
bahwa konsumen akan banyak menggunakan transportasi saat lebaran,
pembuat keputusan dapat merencanakan harga tiket transportasi di hari
raya tersebut. Aplikasi ketiga adalah dalam hal pemasaran social
(social marketing), yaitu penyebaran ide di antara konsumen.Dengan
memahami sikap konsumen dalam menghadapi sesuatu, seseorang dapat
menyebarkan ide dengan lebih cepat dan efektif.
Terdapat tiga pendekatan utama dalam meneliti perilaku konsumen. Pendekatan pertama adalah pendekatan interpretif. Pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan hal yang mendasarinya. Studi dilakukan dengan melalui wawancara panjang dan focus group discussion untuk memahami apa makna sebuah produk dan jasa bagi konsumen dan apa yang dirasakan dan dialami konsumen ketika membeli dan menggunakannya.
Dalam
Ilmu Ekonomi yang dimaksud dengan konsumen kegiatan konsumen adalah
seseorang atau kelompok yang melakukan serangkaian kegiatan konsumsi
barang atau jasa. Pengertian lain tentang konsumen adalah orang atau
sesuatu yang membutuhkan, menggunakan dan memanfaatkan barang atau
jasa. Konsumen biasa memiliki kebiasaan dan tikah laku yang
berbeda-beda. Di desa berbeda dengan kebiasaan yang ada di kota,
tergantung pada jumlah pendapatan mereka. Konsumen adalah seseorang
yang mengkonsumsi suatu barang atau jasa. Maka konsumsi seseorang itu
tergantung pada : pendapatan, pendidikan kebiasaan dan kebutuhan.
Adapun pengetrian perilaku konsumen, yaitu tingkah laku dari
konsumen, dimana mereka dapat mengilustrasikan untuk membeli,
menggunakan, mengevaluasi dan memperbaiki dan memoerbaiki sutu
peroduk dan jasa mereka. Fokus dari perilaku konsumen adalah bagai
mana individu membuat keputusan untuk mengkonsumsi suatau barang.
Perilaku konsumen adalah tingkah laku dari konsumen, dimana mereka dapat mengilustrasikan pencarian untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan memperbaiki suatu produk dan jasa mereka. Focus dari perilaku konsumen adalah bagaimana individu membuat keputusan untuk menggunakan sumber daya mereka yang telah tersedia untuk mengkonsumsi suatu barang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar