Kamis, 11 Oktober 2012

Tugas softskill perilaku konsumen


Psilokologi konsumen
Psikologi konsumen adalah suatu ilmu dari cabang psikologi dan ilmu ini memiliki cangkupan ilmu lain juga yang cukup luas, contoh yang paling jelas adalah berbau ilmu ekonomi. Karena menurut pandangan filsafat ilmu, bahwa ilmu saling melengkapi dan mengisi. Psikologi konsumen ini juga demikian, agar suatu ilmu semakin sempurna (kompleks) dan bermanfaat bagi manusia.

Perilaku konsumen dari sudut pandang psikologi    
      
           setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.
Psikologi konsumen = perilaku konsumen,
Perilaku konsumen merupakan tindakan–tindakan yang terlibat secara langsung dalam memperoleh, mengkonsumsi, dan membuang suatu produk atau jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan – tindakan tersebut.
Psikologi konsumen bersibuk diri dengan manusia sebagai konsumen dari barang dan jasa. Maka sasaran utama adalah menjelaskan perilaku konsumen. Katona memandang bahwa perilaku konsumen sebagai cabang ilmu dari perilaku ekonomika (behavioral economics). Perilaku ekonomika merupakan ilmu yang selain mengkaji perilaku konsumen juga mengkaji :
1. Perilaku menabung
2.perilaku berusaha/perilaku berwirausaha
3.penghasilan yang didapat
4.perilaku ekonomi dalam sistem pemasaran yang berbeda-beda
5.perilaku ekonomi politik
6.proses kerja
7.perilaku keorganisasian.
Dalam perkembangan psikologi konsumen terjadi perubahan yang sangat mencolok yaitu semula dipusatkan kepada konsumen sebagai pembeli saja menjadi konsumen sebagai konsumen dalam arti yang lebih luas daripada pembeli, menurut jacob ciri-cirinya adalah :
           a. Selain usaha-usahanya dalam mendapatkan barang dan jasa juga cara-cara yang digunakan untuk menyingkirkan barang yang sudah kehilangan fungsi aslinya antara lain dengan membuang,menjual kembali,memperbaiki,memberi fungsi lain,dan sebagainya.
           b. Meningkatnya masalah dari sudut pandang konsumen. Para produsen mengantisipasi pola perilaku konsumen agar mempengaruhi konsumen kearah yang menguntungkan produk-produk mereka, melalui survei untuk menguji produk dan desain baru sesuai dengan keinginan dan kesukaan mereka terhadap produk tersebut.
            c. Perilaku konsumen dikaji dengan tujuan ilmiah murni. Kajian perilaku konsumen dalam konteks kehidupan nyata memberikan sumbangan bagi pengetahuan dasar psikologi. Menurut jacoby psikologi sosial dapat diperkaya dengan hasil penelitian dari perilaku konsumen khususnya tentang :
 1. Komunikasi dan persuasi
 2. Proses informasi pengambilan keputusan
 3. Motivasi
 4. Pembentukan sikap
 5. Norma-norma sosial
 6. Konformitas
 7. Reaksi-reaksi interpersonal

Kaitannya psikologi konsumen dengan pengambilan keputusan dalam konsumen adalah :
*Motivasi
*Persepsi
* Sosial
* Subbudaya
*Konsep Dasar
 *Pengambilan Keputusan
 *Konsumen Proses Pengambilan Keputusan Konsumen


Tidak ada komentar:

Posting Komentar